Jumat, 27 Februari 2009

Penderita Diabetes Dapat Hidup Normal, Asal Periksa Darah Teratur

Para penderita penyakit kencing manis atau diabetes mellitus dapat tetap hidup normal , asalkan mereka mau memeriksakan gula darahnya secara teratur, sehingga pemeriksaan kesehatan yang teratur dapat mencegah terjadinya berbagai kompilkasi.

" Penyandang diabetes dapat tetap hidup normal dan bahagia melalui aktivitas fisiknya atau berolah raga secara teratur dengan menerapkan pola nutrisi seimbang, serta melakukan kontrol gula darah secara teratur," kata Ketua Persatuan Diabates Nasional( Persadia) Profesor dokter Sidartawan Soegondo dalam siaran persnya yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin.

Sidartawan mengemukakan hal itu sehubungan dengan peringatan Hari Diabetes Nasional yang diperingati di Jakarta dengan berbagai kegiatan termasuk senam massal yang diikuti sekitar 5000 penderita diabetes.

Sidartawan mengemukakan pula bahwa sekalipun diabetes merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan, namun pencegahannya bisa dan harus dilakukan sejak dini.

Pada tahun 2006, penderita diabetes di tanah air diperkirakan telah mencapai 14 juta orang dan hanya sekitar 50 persen yang baru menyadari penyakit yang dideritanya itu. Dan dari jumlah itu baru 30 persen yang berobat secara teratur.

Acara senam diabetes massal ini dikemas dalam acara yang diberi nama "Diabetes Live on 2007" yang merupakan kerja sama Persadia dengan Kalbe Nutritionals yang merupakan produsen Diabetasol yakni makanan bagi penderita kencing manis,.

Diabetes mellitus pada dasarnya adalah gangguan metabolisme yang berhubungan dengan hormon insulin. Selain disebabkan faktor keturunan maka penyakit ini juga dapat dipengaruhi faktor-faktor lingkungan seperti kebiasaan makan permen dan yang manis-manis secara berlebihan.

Karena itu, Manajer Produk Kalbe Nutritionals Helly Oktaviana mengatakan acara peringatan Hari Diabetes Nasional ini harus dimanfaatkan oleh para penderita penyakit ini untuk memahami secara tepat penyakit ini seperti menghindari makan secara berlebihan, kurang aktivitas fisik serta stres , dan juga cara penanggulangannya .

"Selain menyarankan mengkonsumsi Diabetasol, kami juga mengimbau parta penderita diabetes untuk memulai gaya hidup teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar